SPM

 Standar Pelayanan Minimal (SPM)


STANDAR PELAYANAN

PENDAFTARAN DAN REKAM MEDIS

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

Pengguna layanan (pasien) dengan membawa :

1.   Kartu identitas : KTP/SIM/KK atau kartu pelajar (pasien baru)

2.   Kartu Berobat di Puskesmas (pasien lama)

3.   Kartu Jaminan Kesehatan ( BPJS/KIS bagi yang memiliki)

4.   Surat permintaan dari pasien/keluarga, Rumah sakit lain, instansi atau perusahaan

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien datang dan dicek suhu terlebih dahulu serta mendapat no antri di pendaftaran

2.   Pasien mendaftar di loket serta melengkapi administrasi sesuai dengan jenis kunjungan

3.   Pasien mendapat no antri unit layanan

4.   Antri di ruangan tunggu unit kunjungan BP Umum

5.   Mendapat pelayanan pemeriksaan, pengobatan  dan konseling  kesehatan

6.   Mendapat tindakan bila perlu

7.   Pengambilan Obat di bagian apotek

8.   Bayar retribusi dan biaya pelayanan yang lain di kasir

9.   Pulang

3

Jangka Waktu Pelayanan

1. Pasien Baru : 10 menit

2. Pasien Lama : 5 menit

(Dihitung mulai dari pasien mendapat panggilan berdasarkan nomor antrian, sampai pasien mendapat nomor antrian ke unit pemeriksaan)

4

Biaya/Tarif

1.   Sesuai dengan Peratura Bupati Sumedang Nomor 55 Tahun 2020 tentang Tarif Layanan Pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat Dan Unit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium Kesehatan Daerah

2.   Untuk Peserta BPJS tidak dipungut biaya

5

Produk Pelayanan

1.   Pemeriksaan kesehatan

2.   Jasa pelayanan Kesehatan

3.   Konsultasi Kesehatan

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat:

2.   Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Cibugel Nomor …………….., tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPTD Puskesmas Rawat Inap Cibugel

8

Sarpras / Fasilitas

1.   Kartu antrian manual untuk pendaftaran

2.   Komputer, printer dan jaingan internet (WiFi)

3.   Lemari

4.   Meja, Kursi dan Lemari Arsip

5.    

9

Kompetensi Pelaksana

1.   SLTA/Sederajat

2.   Menguasai teknik komputer

3.   Menguasai tata bahasa yang baik

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh kepala puskesmas / kepala tata usaha

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

SLTA/sederajat  : 1 orang

12

Jaminan Pelayanan

1.   Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2.   Maklumat pelayanan

3.   Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4.   Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan dapat dipertanggungjawabkan

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

BP UMUM

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

2.   Tersedianya rekam medis pasien

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien menunggu diruang tunggu pemeriksaan

2.   Petugas ruang pemeriksaan 1 memanggil pasien sesuai nama di rekam medik

3.   Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medik

4.   Petugas menanyakan keluhan dan melakukan pengukuran vital sign

5.   Rekam medik pasien yang telah diisi petugas ruang pemeriksaan 1 diserahkan ke ruang pemeriksaan 2

6.   Petugas ruang pemeriksaan 2 memanggil pasien sesuai nama di rekam medik

7.   Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medis

8.   Petugas melakukan anamnesis

9.   Petugas melakukan pemeriksaan/tindakan sesuai prosedur

10.   Petugas menentukan diagnosis

11.   Petugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai

3

Jangka Waktu Pelayanan

1.   Anamnesa

2.   Pemeriksaan vital sign

3.   Pemeriksaan Fisik

4.   Therapy

5.   KIE

6.   Rujukan internal

7.   Rujukan Eksternal/RS

: 2 menit

: 2 menit

: 3 menit

: 2 menit

: 2 menit

: 1 menit

: 10 menit

4

Biaya/Tarif

1.   Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh.

2.   Untuk Peserta BPJS tidak dipungut biaya

5

Produk Pelayanan

1.   Resep

2.   Surat Rujukan

3.   Surat Keterangan Sehat atau Sakit

4.   Jasa Pelayanan

5.   Konsultasi Dokter

6.   Pemeriksaan Medis

7.   Surat Persetujuan dan Penolakan Tindakan

 

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.    Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

 

8

Sarpras / Fasilitas

1.   Ruang tunggu pasien

a. Kursi tunggu pasien 6 buah

2.   Ruang pemeriksaan pasien umum

a. Meja 1 buah

b. Kursi 2 buah

c. Bed pasien 1 buah

d. Tangga bed pasien 1 buah

e. Tong sampah medis 1 buah

f. Tong sampah non medis 1 buah

3.   Peralatan medis pemeriksaan

a. Stetoskop 1 buah

b. Tensi meter 1 buah

c. Penlight 1 buah

d. Thermometer 1 buah

e. Timbangan badan 1 buah

9

Kompetensi Pelaksana

1.   Dokter umum yang memiliki surat izin praktek

2.   Perawat : DIII/S1, Profesi Keperawatan yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya

 

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung ( Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan sistem pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

 

11

Jumlah Pelaksana

1.   Dokter Umum  : 1 orang

2.   Perawat            : 2 orang

12

Jaminan Pelayanan

1.   Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2.   Maklumat pelayanan

3.   Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4.   Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

2.   Peralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilisasi masing-masing alat

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

BP KIA/KB

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

2.   Tersedianya Rekam medik pasien

3.   Buku KIA

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian

2.   Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medis

3.   Petugas melakukan anamneses

4.   Petugas melakukan pengukuran vital sign

5.   Petugas melakukan pemeriksaan/ tindakan sesuai dengan prosedur

6.   Petugas melakukan kolaburasi dengan dokter untuk kasus yang perlu dintindak lanjuti

3

Jangka Waktu Pelayanan

1.   ANC                         : 8-10 Menit

2.   KB                          

a. Pil                        : 5-8 Menit

b. Suntik                 : 10 Menit

c. Implan                 : 15 Menit

d. IUD                      : 15 Menit

e. Kondom                : 5 Menit

f. Up Implan             : 15 Menit

3.   Rujukan Internal      : 1 Menit

4.   Rujukan Ekternal     : 10 Menit

5.   Imunisasi

Setiap hari Rabu : jam 08.00-14.00 wib

4

Biaya/Tarif

1.   Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan.

1

Pemasangan IUD

Rp. 100.000

2

Pencabutan IUD

Rp. 100.000

3

Kontrol IUD

Rp. 20.000

4

Pemasangan Implan

Rp. 100.000

5

Pencabutan Implan

Rp. 100.000

6

Pijat Bayi

Rp. 15.000

7

Tindik Bayi

Rp. 25.000

8

Pemeriksaan dalam

Rp. 20.000

9

KB Suntik 3 Bulan

Rp. 25.000

10

KB Suntik 1 Bulan

Rp. 30.000

2.   Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No. 64 Tahun 2016 tentang Standar tarif JKN

5

Produk Pelayanan

1.   Pelayanan KIA, KB, Imunisasi dan kesehatan reproduksi, pelayanan caten

2.   Pengobatan

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

8

Sarpras / Fasilitas

1.   Ruang pemeriksaan KIA dan KB

2.   Ruang tunggu pasien

3.   jaringan internet

4.   Set alat medis dan alat tindakan

5.   Meja dan Kursi

9

Kompetensi Pelaksana

1.   Dokter Umum  yang memiliki surat izin praktek

2.   Bidan   : DIII/DIV  yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung ( Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

Bidan : 7 Orang (4 Orang berada di Puskesmas 2 orang Bidan Desa)

12

Jaminan Pelayanan

1. Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2. Maklumat pelayanan

3. Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4. Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Imformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali




STANDAR PELAYANAN

BP GIGI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

2.   Tersedianya rekam Medis pasien

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien menunggu di ruang tunggu Pemeriksaan Kesehatan gigi

2.   Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian

3.   Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medis

4.   Petugas melakukan anamnesis dan pengukuran tekanan darah

5.   Petugas melakukan pemeriksaan sesuai keluhan pasien

6.   Pemeriksaan odontogram, riwayat penyakit dan kroscek identitas untuk pasien baru, untuk pasien lama dilnjutkan pemeriksaan sesuai keluhan

7.   Petugas menentukan diagnosis penyakit

8.   Petugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai

9.   Petugas melakukan tindakan jika memang diperlukan, atau pemberian resep untuk pasien premedikasi

3

Jangka Waktu Pelayanan

Anamnesa                       : 2 menit

Pemeriksaan awal           : 5 menit

Penambalan gigi              : 5 - 20 menit

Pencabutan gigi anak      :  5 - 10 menit

Pencabutan gigi dewasa  : 5 – 30 menit

Scaling                           : 30 – 60 menit

 

4

Biaya/Tarif

1.   Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh.

1

Pencabutan gigi susu

Rp. 20.000

2

Pencabutan gigi susu dengan injeksi

Rp. 25.000

3

Pencabutan gigi dewasa tanpa penyulit

Rp. 30.000

4

Pencabutan gigi molar dengan penyulit

Rp. 75.000

6

Pembersihan karang gigi tiap region

Rp. 30.000

7

Perawatan syaraf gigi

Rp. 20.000

8

Pemeriksaan awal (Premedikasi)

Rp.7.500

9

Pencabutan gigi M3

Rp. 100.000

10

Tumpatan sementara

Rp. 20.000

11

Tumpatan Glass lonomer

Rp. 40.000

 

2. Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No. 64 Tahun 2016 tentang Standar tarif JKN

5

Produk Pelayanan

1.   Resep

2.   Surat Rujukan dan Surat Keterangan

3.   Tindakan Penambalan gigi

4.   Pencabutan Gigi

5.   Scalling/pembersihan karang gigi

6.   Konsultasi kesehatan gigi

7.   Pemeriksaan kesehatan gigi

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

8

Sarpras / Fasilitas

1.   Ruang tunggu pasien

2.   Ruang Pemeriksaan gigi

3.   Dental chair dan perlengkapannya

4.   Kompresor

5.   Set alat diagnostic dan set alat tindakan

6.   Meja dan kursi

7.   Jaringan Internet

8.   Wastafel

9

Kompetensi Pelaksana

Dokter Gigi  yang memiliki STR dan SIP

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

1.   Dokter Umum  : 1 orang

2.   Perawat            : 0 orang

12

Jaminan Pelayanan

1. Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2. Maklumat pelayanan

3. Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4. Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

2.   Peralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilisasi masing-masing alat

3.   Obat dan bahan medis yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluarsa)

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

KONSELING GIZI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1. Surat pengantar/rujukan dari dokter

2. Kartu Rekam Medis Pasien

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1. Pasien dirujuk oleh dokter ke ruang konseling gizi

2. Ahli Gizi melakukan skrining gizi

3. Ahli Gizi melakukan assessment dan menentukan diagnosis gizi

4. Setelah diketahui diagnosis gizi pasien, selanjutnya dilakukan intervensi gizi dan konseling gizi

5. Setelah pasien memahami apa yang disampaikan, maka pasien diarahkan kembali ke dokter yang merujuk

3

Jangka Waktu Pelayanan

Unit pelayanan konseling  : 15-30 menit

4

Biaya/Tarif

1. Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh.

2. Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No. 64 Tahun 2016 tentang Standar tarif JKN

5

Produk Pelayanan

1. Skrining Gizi

2. Konseling Gizi

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

8

Sarpras / Fasilitas

1. Ruang tunggu pasien

2. Ruang Konseling Gizi

3. Meja dan kursi

4. Jaringan Internet

9

Kompetensi Pelaksana

Ahli Gizi

10

Pengawasan Internal

1. Supervise oleh atasan langsung ( Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2. Dilakukan sistem pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

Ahli Gizi : 1 orang

12

Jaminan Pelayanan

1. Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2. Maklumat pelayanan

3. Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4. Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1. Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

2. Peralatan yang digunakan sesuai standar sterilisasi masing-masing alat

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1. Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2. Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3. Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

FARMASI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

Membawa resep obat dari unit rawat jalan dan UGD

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien/keluarga menyerahkan resep obat ke farmasi dan menyimpannya di tempat yang sudah di sediakan

2.   Pasien/keluarga menunggu sampai dipanggil sesuai dengan nomor kedatangan

3.   Petugas mengambil resep sesuai nomor urut

4.   Petugas melakukan screening resep

5.   Peracikan obat

6.   Penyerahan obat sesuai nomor urut disertai pemberian informasi atau konseling kepada psien

7.   Pasien menerima obat

3

Jangka Waktu Pelayanan

1.   Penyiapan resep racikan/puyer    : 15 menit

2.   Penyiapan resep non puyer    : 5 menit

3.   Penyerahan dan pemberian informasi obat dan konseling maksimal 5 menit per pasien

4

Biaya/Tarif

1.   Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh.

2.   Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No. 64 Tahun 2016tentang Standar tariff JKN

5

Produk Pelayanan

1.   Obat

2.   Penyedian obat racikan dan non racikan

3.   Pemberian informasi obat (PIO)

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

8

Sarpras / Fasilitas

1.  Ruang penerimaan resep

2.  Ruang penyimpanan obat dan bahan habis pakai/gudang obat

3.  2 Meja dan 2 kursi

4.  Lemari obat

5.  Rak obat

6.  Gelas ukur

7.  Stamfer dan mortir

8.  Keranjang obat

9.  Alat pres puyer

10.  Gallon air

11.  Sendok puyer

12.  Thermometer ruangan

13.  Tempat sampah

9

Kompetensi Pelaksana

1.   Apoteker yang memiliki izin praktek/SIPA

2.   Asisten apoteker yang surat tanda registrasi

dan sesuai dengan kewenangannya

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung ( Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

Apoteker             : 1 orang

Asisten apoteker : 1 orang

12

Jaminan Pelayanan

1. Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2. Maklumat pelayanan

3. Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4. Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya

2.   Peralatan yang digunakan dijamin kebersihannya

3.   Obat, Vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluarsa)

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

UGD

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien kondisi darurat

2.   Pasien rujukan BP umum

3.   Pasien rujukan dari pasilitas kesehatan lain    dengan menunjukan surat rujukan

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien datang

2.   Keluarga pasien atau penanggung jawab mendaftarkan pasien serta melengkapi administrasi sesuai dengan kunjungan pasien

3.   Petugas melakukan triase pasien

4.   Petugas mendahulukan pasien koma dan cedera berat

5.   Petugas melakukan anamnesis

6.   Petugas melakukan pemeriksaan fisik

7.   Petugas melakukan pemeriksaan penunjang bila diperlukan

8.   Petugas melakukan pemeriksaan dan tindakan medis yang sesuai

9.   Petugas menentukan diagnosis

10.   Petugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai

11.   Pasien pulang bila sudah sembuh/pulang paksa

12.   Apabila diperlukan, petugas merujuk pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi untuk penanganan selanjutnya

3

Jangka Waktu Pelayanan

Penanganan pasien maksimal 2 menit dari kedatangan pasien di ruangan UGD

4

Biaya/Tarif

1.   Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh.

1

Pendaftaran

Rp. 10.000

2

Observasi >4 jam (One Day Care)

Rp. 150.000

3

Tindakan infus

Rp. 54.500

4

Tindakan Operasi Ringan

Rp. 45.500

5

Tindakan Operasi Sedang (Luka bakar,dll)

Rp. 50.500

6

Perawatan luka tanpa jahitan

Rp. 25.000

7

Menjahit luka 1-3 jahitan

Rp. 45.000

8

Menjahit luka lebih dari 3 pertiap jahitan

Rp. 10.000

9

Angkat jahitan

Rp. 25.000

10

Pemasangan dower cateter

Rp. 49.500

11

Pengambilan benda asing

Rp. 24.500

12

Oxygen 1 jam

Rp. 29.000

13

Nebulasi

Rp. 34.000

14

EKG

Rp. 34.000

2.   Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No. 64 Tahun 2016 tentang Standar tarif JKN

5

Produk Pelayanan

1.   Resep

2.   Surat rujukan

3.   Kwitansi tindakan

4.   Status pasien/Rekam medik

5.   Pemeriksaan kesehatan

6.   Jasa pelayanan kesehatan kasus kegawatdaruratan

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

 

8

Sarpras / Fasilitas

1.      Ruang UGD

2.      Peralatan (set alat medis dan tindakan)

3.      Ambulan untuk rujukan pasien

4.      Meja dan kursi

5.      Obat dan bahan habis pakai

6.      Rekam medis pasien

7.      Bed pasien

8.      Timbangan BB

9.      Tabung Oksigen

10.   Nebulizer

11.   Alat Suction

12.   EKG

13.   Kursi Roda

14.   Stretcher

15.   Sterilisator

16.   Tiang infus

17.   Tong sampah medis

18.   Tong sampah non medis

9

Kompetensi Pelaksana

1.   Dokter Umum yang memiliki surat izin praktek

2.   Perawat  : DIII / S1, Profesi  yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

1.   Dokter Umum  : 1 orang

2.   Perawat            : 12 orang

12

Jaminan Pelayanan

1. Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)

2. Maklumat pelayanan

3. Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4. Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

2.   Peralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilisasi masing-masing alat

3.   Obat dan bahan medis yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluarsa)

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

LABORATORIUM

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

Surat permintaan pemeriksaan laboratorium dari unit BP Umum, BP Gigi, KIA/KB dan UGD

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien datang

2.   Pasien menyerahkan surat permintaan pemeriksaan laboratorium

3.   Petugas menanyakan kembali identitas pasien sesuai dengan formulir pemeriksaan laboratorium

4.   Petuga mencatat data pemeriksaan pasien di bugu register

5.   Petugas melakukan pengambilan sampel dan penerimaan sampel

6.   Pasien menunggu hasil pemeriksaan

7.   Proses pemeriksaan laboratorium

8.   Setelah dilakukan pemeriksaan , petugas menyerahkan hasil pemeriksaan untuk di analisis dan di lakukan therapi pengobatan di unit pelayanan yang merujuk.

3

Jangka Waktu Pelayanan

Unit pelayanan   : 5 – 15 menit

4

Biaya/Tarif

1.   Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh.

Pemeriksaan Hematologi

 

1

Hemoglobin

Rp. 5.000

2

Golongan Darah + rhesus

Rp.20.000

3

Bleeding time

Rp. 7.000

4

Clooting time

Rp.7.000

Pemeriksaan Kimia Klinik

1

Asam Urat

Rp. 15.000

2

Cholesterol

Rp. 30.000

3

Gula Darah

Rp. 15.000

Urinalisa

1

Tes kehamilan

Rp. 15.000

2

Urine Rutin

Rp. 15.000

Pemeriksaan Imunologi serologi

1

HBsAg Rapid Test

Rp. 30.000

2

Anti HIV

Rp. 55.000

3

Syphilies

Rp. 33.000

Pemeriksaan Mikrobiologi

1

Sputum BTA

Rp. 15.000

 

2.   Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No.5915 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN

5

Produk Pelayanan

Hasil Laboratorium : Hematologi, kimia darah, Urinalisa, imunologi serologi, mikrobiologi, HIV

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Keputusan Menteri kesehatan nomor 364/MENKES/SK/III/2003 tentang laboratorium kesehatan

5.   Keputusan Menteri Kesehatan nomor 657/MENKES/SK/VII/2009 tentang pengiriman penggunaan specimen klinis, materi biologi dan muatan informasinya

6.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

8

Sarpras / Fasilitas

1.   1 Meja dan 2 kursi

2.   Ruang pengambilan sampel dan pemeriksaan

3.   Set alat laboratorium

4.   Reagen

5.   Bahan habis pakai

6.   ATK

7.   Ruang tunggu pasien

8.   Westafel

9.   1 Almari Penyimpanan

10.   Thermometer Ruangan

9

Kompetensi Pelaksana

Analis Kesehatan   : DIII yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung ( Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

Analis Kesehatan   : 1 orang

12

Jaminan Pelayanan

Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

 

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

2.   Peralatan Laboratorium  yang digunakan sesuai standar

3.   Reagen  yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluarsa)

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali



STANDAR PELAYANAN

KASIR

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien Umum

a.    Lembar retribusi / bukti tindakan

b.   Form pemeriksaan penunjang

2.   Pasien BPJS/KIS/Jampersal

      Foto copi Kelengkapan Jaminan

2

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

1.   Pasien/keluarga mendatangi petugas kasir sambil menyerahkan lembar resep dan lembar retribusi

2.   Penyelesaian adminitrasi pembayaran

3

Jangka Waktu Pelayanan

Pelayanan Kasir    : 2 menit

4

Biaya/Tarif

1.   Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan.

2.   Pasien JKN : Sesuai dengan permenkes No. 64 Tahun 2016 tentang Standar tarif JKN

5

Produk Pelayanan

Pelayanan kasir, kwitansi pembayaran

6

Aduan, saran, Masukan

Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

1.   Loket Pengaduan

2.   SMS/Telepon/Whatsapp : 082118662232

3.   Kotak Saran

4.   Email : puskesmascibugel@yahoo.co.id

5.   Instagram : @puskesmascibugel

6.   Facebook : Puskesmas Cibugel

7.   Website : puskesmascibugel.blogspot.com

8.   Kuesioner

 7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 43 Tahun 2019, Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2.   Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 828/Menkes/SK/IX/2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

4.   Pemenkes no. 59 tahun 2014 tentang standar tarif JKN

1.   Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Penuh Pasien Umum : Sesuai dengan Perda Kabupaten SUMEDANG Nomor  1172 Tahun 2015 tentang Tarif Layanan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas DTP dan Non DTP Dengan Status Pola Pengelolaan

2.   Keputusan Kepala UPT Puskesmas CIBUGEL Nomor 002/SK/PKM-CSD/VIII/2020, tentang jenis jenis Pelayanan yang ada di UPT Puskesmas CIBUGEL.

8

Sarpras / Fasilitas

1.   Ruang tunggu pasien

2.   Komputer, printer dan jaringan internet

3.   Meja dan Kursi

4.   Kwitansi dan ATK

9

Kompetensi Pelaksana

Minimal Lulusan SMA/Sederajat yang sudah diberi orientasi tentang ketugasan kasir

10

Pengawasan Internal

1.   Supervise oleh atasan langsung ( Kepala Puskesmas/Kepala Tata Usaha)

2.   Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

1 orang

12

Jaminan Pelayanan

1. Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan ( sesuai dengan standar pelayanan)

2. Maklumat pelayanan

3. Budaya 5R (Rapih, Ramah, Resik, Rajin, Rawat) dan 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4. Pelayanan sesuai dengan SOP

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Evalusi kinerja dilakukan  melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

2.   Evalusi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

3.   Survei Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar